Tuesday, December 9, 2014

KAPAN WAKTU TERBAIK UNTUK MAKAN BUAH??



Buah adalah salah satu makanan yang kaya akan manfaat. Buah kita ketahui memiliki kandungan yang tinggi akan serat, vitamin dan mineral. Yang kesemuanya itu merupakan sumber antioksidan alami yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tapi tahukah Anda, kapan waktu terbaik untuk makan buah??. Berikut ulasannya.


Buah merupakan salah satu makanan yang cepat dicerna oleh tubuh.Dalam artikel tips mencegah rasa kantuk setelah makan disebutkan, buah akan selesai dicerna oleh lambung dalam waktu sekitar 15-20 menit, kecuali pisang yang membutuhkan waktu lebih lama yaitu sekitar 45 menit. Sementara makanan lain akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Seperti karbohidrat yang membutuhkan waktu untuk dicerna sekitar 2-3 jam, protein 3-4 jam dan lemak membutuhkan waktu paling lama yaitu sekitar 6 jam untuk dicerna. Sehingga jika buah dikonsumsi setelah atau bersamaan dengan makanan lain, akan dapat mengganggu proses pencernaan buah tersebut.

Berdasarkan fakta diatas, maka disimpulkan waktu terbaik untuk makan buah adalah saat perut kosong . yaitu sekitar 30 menit – 1 jam sebelum makan atau 2 – 3 jam setelah makan. Seperti ketika Anda baru bangun pagi, akan sangat bagus mengombinasikan 2 gelas air dengan buah sebagai makanan di awal pagi.. Kenapa?, karena dengan makan buah saat perut kosong akan menjamin buah tercerna sempurna dan seluruh nutrisi baik yang terkandung didalamnya akan terserap dengan optimal. 

Manfaat lain makan buah saat perut kosong diantaranya;

  1. Memberikan rasa kenyang lebih cepat. Buah yang kaya akan serat yang akan memberikan rasa kenyang saat dimakan.Sehingga asupan yang dikonsumsi dapat terkontrol. Hal ini tentu baik bagi Anda yang sedang dalam usaha menurunkan berat badan atau ingin berat tetap ideal.
  2. Konsumsi buah sebelum makan tidak akan meningkatkan asam lambung. Bagi Anda yang takut mengonsumsi buah , terutama yang rasanya sedikit asam seperti jeruk atau mangga sebelum makan. Jangan takut, karena penelitian telah membuktikan bahwa buah akan lebih bersifat basa jika dikonsumsi. Bahkan ada metode pengobatan untuk penyakit maag yang menganjurkan makan jeruk segera setelah bangun tidur.
  3. Membantu mengontrol kolesterol. Dalam artikel faktamenarik & bahaya kolesterol disebutkan bahwa konsumsi buah dapat membantu menyerap kolesterol di saluran cerna sebelum sempat terserap tubuh. sehingga kadar kolesterol dapat terkontrol dengan baik. Mengonsumsi buah sebelum makan akan memberikan kesempatan bagi serat yang terkandung dalam buah ,untuk melapisi dinding usus sebelum makanan yang lain masuk. Sehingga lebih dapat mencegah kolesterol terserap oleh tubuh.
  4. Membantu mengontrol berat badan. Diawal telah disebutkan bahwa buah kaya akan serat yang akan memberikan rasa kenyang bagi tubuh, hal ini dikarenakan tubuh kita tidak memiliki enzim untuk mencerna serat tumbuhan. Sehingga serat tidak akan tercerna dan memberikan rasa kenyang. Disamping itu, buah juga merupakan makanan yang tidak banyak mengandung kalori. Dengan alasan ini,konsumsi buah sebelum makan akan membantu mengontrol berat badan Anda.
Lalu apa kekurangannya jika konsumsi buah dicampur dengan makanan lain?. 

  1. Yang pertama, tentu kita tidak akan mendapatkan manfaat buah secara maksimal. Dikarenakan kandungan nutrisi dalam buah tidak terserap sempurna.
  2. Berikutnya, jika kita sering mengonsumsi buah setelah makan,  akan dapat memicu masalah pada pencernaan. Buah seperti dijelaskan diatas, adalah makanan yang sangat cepat dicerna dibandingkan makanan lain. Bila buah dimakan bersamaan atau setelah makan makanan lain, maka buah yang telah terlebih dahulu selesai dicerna, akan terhalangi untuk diserap di usus oleh makanan lain yang belum selesai dicerna . Akibatnya, buah akan terfermentasi di lambung dan dapat meningkatkan asam lambung. Ini tentu akan menimbulkan masalah pencernaan bagi  Anda.
Jadi mulai sekarang, mari kita mengubah cara mengonsumsi buah agar mendapatkan seluruh manfaat buah bagi kesehatan. Makan buah saat perut kosong adalah pilihan terbaik.

(dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar